Elemen-Elemen Pembentuk Interior Rumah Yang Harus Diketahui

elemen desain interior
Keindahan dan kenyamanan ruangan di dalam rumah dapat terbentuk karena adanya elemen-elemen yang berkaitan. Elemen-elemen tersebut sudah menjadi topik dasar sebagai pembentuk interior rumah. Tanpa adanya elemen tersebut, maka tidak akan muncul sebuah karya yang inovatif dan bervariasi. Berikut ini terdapat tiga elemen pembentuk interior yang wajib diketahui.

Plafond

Plafond merupakan elemen pembentuk interior pada bagian paling atas ruangan. Tak hanya rumah, plafond juga diperlukan pada bangunan jenis apapun. Meskipun bukan menjadi unsur struktural, plafond digunakan sebagai penutup ruangan pada bagian atap ruangan. Kegunaannya tidak hanya untuk melindungi lantai yang berada dibawahnya, tetapi juga menahan debu dan kotoran yang masuk melalui celah genteng. Dengan pemakaian plafond, rangka atap tidak dapat terlihat dari bawah, sehingga nampak rapi dan bersih.

Dinding

Dinding adalah elemen bangunan yang menjadi inti sari interior. Dinding dibangun mengelilingi rumah, bahkan bisa berada di tengah-tengah bangunan. Sebagai elemen inti, dinding berfungsi sebagai pembatas antar ruangan maupun luar ruangan. Dinding dapat digunakan sebagai pelindung dari pengaruh lingkungan yang berasal dari luar rumah. Di zaman modern seperti saat ini, dinding dirancang dengan kreatif untuk menampilkan keindahan. Dengan sentuhan teknologi modern, dinding dijadikan sebagai bahan desain interior yang menakjubkan. Singkatnya, dinding berfungsi sebagai pembatas, partisi dan penahan.

Lantai

Lantai merupakan bagian paling bawah dari rumah atau ruangan. Bagian dasar ruangan ini berperan dalam memperkuat obyek yang ada di dalam ruangan. Secara umum lantai berfungsi sebagai elemen bangunan yang dapat menunjang aktivitas dan membentuk karakter ruangan. Sedangkan dari segi estetika, lantai rumah dapat difungsikan untuk mempercantik ruangan. Tentu saja untuk menghidupkan karakter, diperlukan lantai yang sesuai dengan konsep rumah, baik itu dari segi pemilihan warna dan motif. 

Lantai Dari Kayu


Elemen-elemen pembentuk interior yang telah dijelaskan diatas tidak bisa dihilangkan salah satunya. Ketiga elemen tersebut harus melekat satu sama lain karena menandakan batas antar ruangan. Kesatuan elemen tersebut menjadikan ruangan sebagai wadah untuk beraktivitas.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :