Aspek Penting Seputar Kamar Mandi

Kamar Mandi Bersih
Kamar mandi menjadi area yang penting di dalam rumah. Tersedianya kamar mandi juga merupakan salah satu ciri rumah yang sehat. Rumah perlu memiliki kamar mandi yang memadai karena sangat diperlukan untuk membersihkan diri. Untuk membangun kamar mandi yang sehat, maka perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti berikut ini.

Fungsi Kamar Mandi

Kamar mandi terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dalam suatu rumah. Ada kamar mandi yang hanya digunakan untuk membersihkan badan. Ada juga yang menggunakan kamar mandi sekaligus sebagai tempat mencuci pakaian. Pemilihan fungsi tersebut nantinya membuat pemilik rumah memikirkan perabot apa saja yang diperlukan.

Jumlah Penghuni Rumah

Jumlah anggota keluarga yang menempati satu rumah tentu berbeda. Rumah yang dihuni oleh beberapa orang, tentu memiliki kebutuhan berbeda dengan rumah yang hanya ditinggali oleh satu orang. Kebutuhan kamar mandi pun bergantung oleh aspek ini. Berapa banyak anggota keluarga dapat berpengaruh terhadap kebutuhan kamar mandi. Keluarga yang memiliki banyak anggota pasti akan kerepotan jika hanya memiliki satu kamar mandi.

Lokasi Kamar Mandi

Pertimbangan selanjutnya adalah penentuan lokasi kamar mandi. Posisi kamar mandi di dalam rumah berperan dari segi kegunaan dan efisiensi. Idealnya, kamar mandi dibangun dekat dengan ruangan yang sering menggunakan air, seperti dapur dan tempat cucian. Hal ini akan mempermudah sistem aliran air.

Luas Kamar Mandi

Luas kamar mandi yang dibutuhkan harus dihitung dengan benar. Kamar mandi yang terlalu luas dapat memakan tempat, sehingga menggeser kebutuhan ruangan lain. Terlebih lagi rumah yang berdiri di atas lahan terbatas, kamar mandi harus dibangun seefisien mungkin. Untuk memperjelas, bisa menggambar denah ruangan sebelum membangun rumah.

Ketersediaan Air Bersih

Kamar mandi digunakan sebagai tempat untuk membersihkan diri. Maka dari itu, kamar mandi bisa dibilang sebagai tempat yang mudah kotor. Ketersediaan air bersih tidak hanya diperlukan untuk bersih diri, tapi juga untuk membersihkan kamar mandi. Kamar mandi yang bersih dapat mengurangi munculnya bakteri dan kuman.

Kecukupan Cahaya Dan Udara

Kamar mandi yang sehat dilengkapi dengan ventilasi dan pencahayaan yang cukup. Keberadaan dua unsur ini dapat menyelamatkan anggota keluarga dari penyakit. Ini karena ventilasi dan cahaya dapat membantu kelancaran aliran udara di dalam kamar mandi. Sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak.

Sistem Pembuangan Limbah

Sistem pembuangan limbah kamar mandi harus benar-benar diperhatikan karena dapat menjadi sumber penyakit. Limbah harus terbuang sempurna sehingga kamar mandi bebas dari bau atau lembap. Sistem pembuangan yang baik terlihat dari lancarnya aliran limbah saat dibuang dan tidak menimbulkan bau menyengat.

Kamar mandi yang sehat tidak hanya terlihat bersih, tapi juga menempatkan perabot sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk membersihkan kamar mandi secara teratur! Jika perlu tambahkan pengharum ruangan agar kamar mandi tetap wangi.

Sumber Image : www.dac-home.com

Tidak ada komentar untuk "Aspek Penting Seputar Kamar Mandi"

Berlangganan via Email