Inilah Cara Mewujudkan Dapur Sehat

Contoh dapur bersih
Contoh Dapur Yang Bersih dan Sehat
Berkutat di dalam dapur bisa menjadi hal yang menjenuhkan dan melelahkan. Ini karena dapur merupakan tempat yang sering digunakan untuk beraktifitas, terutama memasak. Aktifitas memasak yang dilakukan setiap hari, membuat dapur lebih cepat kotor. Kotoran yang muncul disebabkan oleh percikan minyak, asap kompor atau bumbu masakan. Meski begitu, memiliki dapur sehat bukan hanya angan-angan. Cara-cara berikut ini bisa menjadikan dapur selalu bersih tanpa meninggalkan kotoran.

Memasak Dan Bersih-Bersih Sekali Jalan

Kegiatan bersih-bersih ditengah proses memasak, sudah menjadi kebiasaan koki profesional. Hal ini juga bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari pada dapur sederhana yang dimiliki. Kegiatan bersih-bersih di sela waktu memberikan kemudahan pada proses akhir. Hal tersebut dinilai cukup efisien dan efektif. Percikan minyak pada meja dapur bisa dibersihkan menggunakan lap sambil menggoreng masakan.

Mengosongkan Wastafel

Mengosongkan wastafel bisa menjadi hal yang nampak sepele. Akan tetapi, ini cukup berat untuk dilakukan karena selama ini lebih suka menumpuk peralatan yang kotor. Padahal mood seseorang dapat berubah karena mendapati tempat yang kotor. Peralatan dapur dan makan yang menumpuk dapat menimbulkan bau tak sedap hanya dalam beberapa jam. Benda seperti itu, tentu harus segera dibersihkan agar dapur selalu bersih. Wastafel juga perlu dikosongkan dari peralatan kotor pada malam hari agar keesokan harinya dapat memulai aktifitas memasak dengan mood yang baik. Wastafel harus segera dicuci diakhir hari untuk memulai hari berikutnya.

Membersihkan Furniture Dan Dekorasi

Percikan minyak atau bumbu bisa sampai pada dekorasi sekitar. Beberapa furnitur, seperti lemari kitchen set yang digantung bisa menjadi tempat percikan minyak saat menggoreng. Tentu saja hal kotoran tersebut akan mengganggu pemandangan dapur yang didesain dengan cantik. Setidaknya luangkan waktu sebentar untuk membersihkan kotoran yang menempel pada dinding, lemari kabinet dan dekorasi lain.

Membersihkan Peralatan Dapur Secara Rutin

Peralatan dapur adalah penghuni yang setia menemani kegiatan memasak setiap hari. Agar terlihat bersih dan awet, peralatan tersebut harus dibersihkan secara rutin. Untuk yang satu ini, perlu perhatian penuh dan ketelitian karena setiap peralatan butuh teknik perawatan yang berbeda. Misalkan saja, panci dan penggorengan perlu digosok karena bagian yang menempel pada kompor sudah terlihat hitam pekat. Pisau yang sudah tumpul tentu perlu diasah kembali. Begitu juga dengan pegangan teflon atau pot yang longgar, bautnya perlu dikencangkan lagi.

Karena dapur lebih banyak menghasilkan kotoran dari serangkaian memasak, maka dari itu harus dibersihkan secara rutin. Peralatan kebersihan yang tepat akan membantu memiliki dapur sehat dan cantik. Memang membersihkan dapur terkesan melelahkan, tapi jika terus dilakukan, bisa menjadi kebiasaan baik. Rumah sehat bukan hanya tampilan saja, bukan?

Sumber Image : Anna Anderson Fotografi


Tidak ada komentar untuk "Inilah Cara Mewujudkan Dapur Sehat"

Berlangganan via Email