Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sketchup Untuk Membuat Desain 3D Dalam Berbagai Bidang


Model 3d Sketchup


Gambar 3D tidak hanya berfungsi untuk dinikmati sebagai karya seni. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi digital, fungsi gambar 3D menjadi sangat diperlukan dalam berbagai bidang. Dengan memproyeksikan gambar kedalam bentuk tiga dimensi, maka dapat diperoleh gambaran lebih rinci. Pembuatan desain tidak lepas dari bantuan software sketchup yang dapat mengubah desain 2D menjadi 3D. Berikut ini penggunaan sketchup dalam berbagai bidang.

Bidang Pendidikan

Penggunaan sketchup dalam bidang pendidikan dapat membantu siswa untuk menangkap materi yang diajarkan. Terutama pada jenis pelajaran tertentu yang membutuhkan simulasi, sketchup dapat membantu mengoptimalkan pembelajaran. Dengan melihat bentuk dan simulasi, diharapkan siswa dapat memahami teori yang telah diajarkan. Bentuk penggambaran dapat berupa bidang, kerangka manusia, ruang grafik, dan lain-lain.

Bidang Perancangan

Desain 3D sangat dibutuhkan dalam bidang perancangan. Dalam bidang ini, Sketchup digunakan untuk membuat model obyek atau desain bangunan. Tidak terbatas pada bangunan, kini desainer juga bisa merencanakan konsep desain interior, otomotif, pembuatan produk dan perangkat lunak pada aplikasi yang dimiliki oleh Timble tersebut.

Permodelan 3D sudah menjadi standar visualisasi rancangan setelah membuat desain atau layout 2D. Software ini dapat memperlihatkan kondisi rancangan yang akan dibangun. Dengan menampilkan desain gambar berupa 3D, maka akan muncul bentuk bangunan atau produk yang diinginkan. Ini memungkin desainer untuk melihat lebih detail sehingga dapat mengurangi kesalahan.

Bidang Hiburan

Industri hiburan kini telah meninggalkan cara manual yang membutuhkan waktu lama. Semakin berkembangnya teknologi, proses produksi film dapat dibuat menggunakan sketchup untuk menampilkan tokoh-tokoh kartun. Pada bidang hiburan, proses pengerjaan gambar 3D dibentuk berdasarkan efek animasi komputer. Hasil penggunaan software 3D membuat gambar pada terlihat lebih hidup. Ini akan membuat film lebih menarik untuk ditonton.

Bidang Industri

Industri yang membutuhkan permodelan 3D, antara lain otomotif, film dan game. Desainer perusahaan otomotif memerlukan software Sketchup untuk memproyeksikan kendaraan yang akan dibuat. Dengan demikian, rancangan kendaraan akan terlihat lebih nyata dilengkapi dengan komponen-komponen pembentuknya. Cara ini dapat memberi tahu tentang kekurangan dan titik mana yang perlu perbaikan.

Pada industri film dan game, desain 3D diperlukan untuk membuat tokoh atau karakter. Penggunaan permodelan 3D ini bahkan hampir setara dengan arsitektur. Ini membuat pemain merasakan sensasi permainan yang nyata. Sedangkan dalam pembuatan produk, desain 3D biasa dimanfaatkan untuk menampilkan rancangan mainan, barang pecah belah komponen yang berhubungan dengan teknologi informasi dan peralatan komunikasi.

Tentu saja untuk memperoleh hasil yang bagus, perlu mempelajari lebih dalam tentang permodelan 3D. Dengan adanya Sketchup sebagai software gambar 3D, membuat proses perancangan menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan Sketchup akan menghemat waktu dan tenaga.

Berlangganan via Email