Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Area Hijau Pada Hunian Sehat

Taman Hijau
Area Hijau Sumber Penyuplai Oksigen Foto : caninecottages.co.uk

Hunian sehat sudah menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang. Bahkan memiliki rumah sudah menjadi target bagi kaum muda. Hanya saja rumah dengan lahan terbatas sering kali dijadikan alasan untuk tidak menghadirkan area hijau. Padahal tanpa disadari, sebuah taman kecil dapat memberikan berbagai manfaat positif bagi para penghuni rumah.

Sebagai Serapan Air

Area luar rumah yang hanya terdiri dari beton dapat menyebabkan air menggenang. Menyediakan taman di rumah termasuk salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencegah banjir. Tanah yang terdapat di taman dapat dijadikan sebagai lahan resapan air. Saat musim hujan tiba, air akan masuk ke dalam tanah, sehingga tidak menggenangi area sekitar rumah. Selain itu juga tanaman dapat tumbuh dengan baik karena mendapatkan air yang dibutuhkan dari dalam tanah.

Sirkulasi Udara Yang Segar

Taman yang ditumbuhi tanaman hijau dapat menyejukkan udara di dalam rumah tanpa harus menyalakan AC. Tanaman akan menyerap karbon dioksida dan unsur lain yang membahayakan tubuh. Kemudian unsur-unsur tersebut diubah menjadi oksigen yang sangat dibutuhkan manusia melalui proses fotosintesis. Rumah yang banyak memiliki kandungan oksigen akan terasa sejuk dan menyegarkan, sehingga sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lancar.

Kesehatan Mental

Percaya atau tidak, sebuah taman dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Seringnya, pekerjaan menguras pikiran dan tenaga sehingga membuat tubuh terasa lelah. Setelah bekerja atau sibuk dengan rutinitas, tubuh memerlukan tempat untuk beristirahat. Area hijau yang ada pada rumah dapat menghilangkan kepenatan berkat udara segar yang dihasilkan oleh tanaman. Berbagai macam tumbuhan yang ditanam akan menciptakan persepsi positif bagi pikiran. Maka dari itu, tak ada salahnya menghias taman dengan bunga berwarna-warni.

Menetralkan Perubahan Iklim

Tanaman yang berada pada taman rumah sangat bermanfaat untuk membantu anggota keluarga menghadapi perubahan iklim. Dengan kata lain, keberadaan taman dapat menetralkan kondisi iklim. Tentu saja hal ini dapat menguntungkan bagi orang yang tinggal di daerah dengan perubahan iklim fluktuatif. Seluruh penghuni rumah akan mudah beradaptasi dengan perubahan iklim karena adanya taman.

Sarana Rekreasi

Anak-anak cenderung bergerak aktif karena memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Daripada menyuruh anak tenang dengan bermain ponsel, lebih baik membiarkan mereka bermain di taman. Tubuh anak-anak akan lebih sehat dengan bermain di taman karena terus bergerak. Apabila merasa bosan di dalam rumah, tidak ada salahnya mencoba hobi baru, yaitu berkebun.

Berapa pun besar sebuah rumah, seharusnya tetap tersedia lahan untuk area hijau. Tidak hanya untuk mempercantik tampilan rumah, taman dapat memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan sekitar. Dengan menyediakan area hijau, berarti ikut andil dalam pelestarian lingkungan.


Posting Komentar untuk "Manfaat Area Hijau Pada Hunian Sehat"

Berlangganan via Email