Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ventilasi Tepat Untuk Rumah Sehat


Untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik, ventilasi memegang peranan penting pada hunian. Sistem ventilasi merupakan proses pergantian udara dari dan ke dalam bangunan. ventilasi difungsikan untuk mengatur kualitas udara di dalam rumah. Proses pertukaran udara tersebut dapat menjaga kestabilan udara tetap sejuk. Udara kotor dapat keluar melalui ventilasi, sehingga tersedia udara yang sehat.

Sebenarnya, ventilasi wajib ada pada semua bentuk rumah. Keberadaan ventilasi akan menentukan kesehatan para penghuni rumah. Untuk mendapatkan hunian yang sehat, terdapat tiga jenis ventilasi yang dapat digunakan.

1.      Ventilasi Alami

Ventilasi alami lebih memanfaatkan aliran udara dari alam untuk masuk ke dalam rumah. Jenis ventilasi ini biasanya diterapkan berdasarkan kebutuhan dan iklim pada suatu daerah. Desain bangunan juga dapat mempengaruhi berapa banyak ventilasi alami yang dibutuhkan.

Bentuk ventilasi bisa dibuat jendela yang dapat dibuka dan ditutup. Bukaan yang tersedia berfungsi untuk mengeluarkan udara kotor di dalam rumah dan udara bersih dapat masuk dengan bebas. Celah udara atau cerobong asap pada model rumah tertentu juga dapat menjadikan sirkulasi udara semakin optimal.

2.      Ventilasi Mesin


Apabila rumah masih terasa pengap, itu disebabkan karena ventilasi alami tidak bekerja secara optimal. Menambah dengan ventilasi mesin bisa menjadi pilihan tepat. Pemasangan ventilasi mesin dapat membantu pertukaran udara menjadi lebih lancar. Jenis mesin ventilasi yang terdapat di pasaran berupa exaust fan dan air conditioning (AC).

Mesin tersebut bekerja dengan cara menghisap udara kotor yang ada di dalam ruangan, kemudian membuangnya keluar. Pemasangan mesin ini cukup efektif karena dapat menghisap udara kotor dalam jumlah yang besar. Pada waktu yang sama, mesin akan menarik udara segar untuk masuk ke dalam rumah atau ruangan.

3.      Ventilasi Hybrid

Pada beberapa ruangan, terkadang memerlukan ventilasi yang bekerja sangat optimal, seperti kamar mandi dan dapur. Kedua ruangan tersebut memerlukan ventilasi hybrid karena udara yang perlu berganti dengan cepat. Pertukaran udara yang cepat dibutuhkan untuk mencegah ruangan lembap dan pengap.

Ventilasi bernama exaust fan sangat dibutuhkan pada ruangan tersebut. Exaust fan dapat membuang udara dari dalam dan mengganti dengan udara yang baru dan segar. Salah satu sisi exaust fan dipasang menghadap luar ruangan melewati dinding atau atap.

Seberapa bersih sebuah rumah, tetap menghasilkan udara kotor yang berasal dari dalam rumah, seperti asap penggorengan saat memasak, karbon dioksida hasil dari bernapas dan unsur lain saat beraktifitas di dalam rumah. Ventilasi yang baik akan memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah. Udara kotor bisa dengan bebas keluar ruangan sehingga penghuni rumah menghirup udara yang sehat. Kesehatan keluarga terjaga, bukan?

Sumber Image : www.archdaily.com

Posting Komentar untuk "Ventilasi Tepat Untuk Rumah Sehat"

Berlangganan via Email