Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Bermain Anak Untuk Playdate Istimewa Dengan Anak-Anak Sahabat


Menjadi orangtua di usia muda memiliki warna tersendiri. Adakalanya kita ingin mengundang anak-anak sahabat kita yang sebaya dengan anak sendiri. Namun, bagaimana jika
playdate tidak bisa dilakukan di luar rumah? Mengapa Anda tak ciptakan saja ruang bermain anak di rumah sendiri?

Tidak Selalu Membuat Ruang Baru

Untuk menyediakan ruang khusus untuk anak bermain, Anda tidak harus membuat ruangan baru di rumah. Apalagi jika rumah Anda minimalis dengan hanya dua kamar tidur. Bagaimana jika memanfaatkan ruangan yang sudah ada di rumah?

Anda bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga untuk ruang bermain anak. Biasanya area bawah tangga sejurus dengan ruang keluarga. Di saat Anda asyik mengobrol sambil nonton televisi dengan sahabat, anak-anak akan bermain di ruangan bawah tangga yang sudah Anda kondisikan. Anda bisa menggunakan triplek atau partisi lain yang aman untuk anak. Isi ruang mini tersebut dengan mainan edukasi, alat-alat menggambar, dan boneka-boneka untuk role play.

Ruang Perpustakaan Mini

Anda dan sahabat mungkin hendak melakukan barbeque party di halaman belakang. Jadikan teras halaman belakang sebagai perpustakaan mini untuk anak-anak duduk tenang membaca di sana. Selagi Anda memanggang daging di halaman, anak-anak akan asyik membaca buku-buku penuh warna yang baru Anda beli. Sediakan karpet karakter lucu, bean bag untuk anak duduk santai, dan beberapa buku menarik pastinya.

Sudut Ruang Tamu

Anda mungkin tak bisa jauh dari anak. Anda ingin bisa terus mengawasi anak-anak bermain sementara Anda asyik bercengkerama dengan sahabat. Ciptakan ruang bermain anak dengan memanfaatkan sudut ruang tamu.

Anda bisa menempelkan wall sticker berbentuk rumah atau bangunan kastil princess pada sudut ruang tamu. Kemudian, pasang ambalan atau rak bertingkat di dalam area wall sticker tadi. Ambalan itu bisa Anda isi dengan semua mainan anak yang bisa ia mainkan bersama anak-anak sahabat Anda. Mungkin ada tabung-tabung berisi krayon, boneka jari, buku mewarnai, potongan-potongan blok mainan edukasi, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menyediakan aneka camilan dan area istirahat jika mungkin anak mengantuk di ruang bermain anak minimalis ini.

Kamar Anak

Ruang bermain anak paling nyaman adalah di kamar tidurnya sendiri. Mungkin ini adalah kamar tidur untuk anak ketika sudah beranjak remaja nanti. Tak ada salahnya jika kamar anak ini Anda jadikan sebagai ruang bermainnya bersama anak-anak sahabat Anda. Selagi Anda dan sahabat memasak di dapur, anak-anak aman bermain di dalam kamar tidurnya. Lebih aman untuk menyediakan tempat duduk lesehan dengan bean bag atau karpet.

Anda bisa tumpahkan semua mainan anak Anda dalam ruangan itu. Jangan lupa untuk mengajak anak-anak merapikan mainan kembali usai digunakan.

Jadi, ruang bermain anak seperti apa yang bisa Anda ciptakan di rumah?

Posting Komentar untuk "Ruang Bermain Anak Untuk Playdate Istimewa Dengan Anak-Anak Sahabat"