Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teras Lantai Terakota Untuk Aksen Rumah Etnik Berkelas


 Apa makna rumah berkelas bagi Anda? Apakah rumah itu dipenuhi lantai marmer mahal? Apakah dindingnya dilapisi dengan cat warna vintage keemasan? Ternyata tampilan berkelas juga bisa dihadirkan oleh lantai terakota. Tampilan berkelas rumah Anda akan mulai tampak menginjakkan kaki di teras lantai terakota.

Lantai Terakota Nan Eksotis

Tanah liat adalah bahan utama dari lantai terakota. Warnanya yang seperti tanah sangat menonjolkan sisi eksotis lantai ini. Lantai ini biasa dipasang di lobi, teras, atau pendopo tempat-tempat penginapan di beberapa daerah tertentu. Siapa sangka teras lantai terakota yang pengunjung injak terbuat dari tanah liat yang mengalami proses pencetakan dan pembakaran. Lantai ini berkelas dengan caranya sendiri.

Karakteristik Lantai Terakota

Sebelum Anda memasang lantai terakota di teras rumah, ada baiknya mengetahui karakteristik lantai ini.

  • Pembuatan lantai ini masih sangat tradisional. Para pengrajin menggunakan tangannya sendiri dan sesekali dibantu mesin press dalam pengerjaannya. Tidak heran jika kita sering menemukan lantai terakota dengan warna dan bentuk yang berbeda di satu teras.

  • Teras lantai warna terakota yang Anda injak dengan kaki telanjang akan terasa dingin saat suhu udara di sekitarnya sedang panas. Sementara, jika suhu udara sedang dingin, lantai ini akan terasa hangat. Sungguh menguntungkan memiliki teras dengan lantai berkelas ini.

  • Kesan vintage yang lusuh akan membuat tampilan teras lantai terakota Anda semakin berkelas.

Tahap Pengerjaan Teras Lantai Terakota

Yang hebat dari lantai terakota adalah Anda tidak perlu menyesuaikan tampilan keseluruhan rumah jika mungkin Anda hanya baru bisa merombak bagian teras dengan lantai ini. Kesan rustic yang natural dan berkelas akan menonjol sejak dari teras. Saat tamu memasuki ruang dalam yang belum ada lantai terakotanya, tamu tidak akan kehilangan memori indah dari tampilan depan rumah Anda.

Berikut cara sederhana memasang lantai terakota untuk teras Anda.

  • Campurkan semen dan pasir secara merata.

  • Ukur jarak antara satu lantai dengan lantai lainnya. Jaraknya sekitar 2 cm.

  • Adonan semen harus diisikan secara padat berisi ke dalam nat.

  • Masukkan pasir ke dalam nat sesaat sebelum mengering. Semua lapisan harus benar-benar diratakan. Jangan sampai terlihat menonjol pada bagian natnya.

  • Tahap terakhir adalah pemolesan wax ke seluruh teras lantai warna terakota. Gunakan kain lembut untuk proses ini.

Anda bisa melakukan perawatan teras lantai terakota dengan pemolesan wax secara berkala. Setidaknya lakukan perawatan ini sebulan sekali. Setelah teras siap, selanjutnya Anda bisa meletakkan pot-pot tanaman yang terbuat dari tanah liat di atasnya. Anda juga bisa meletakkan keset yang terbuat dari ijuk persis di depan pintu masuk. Kegiatan merombak teras dengan memasang lantai terakota sangatlah menyenangkan. Anda bisa melakukannya saat waktu senggang bersama pasangan.

Posting Komentar untuk "Teras Lantai Terakota Untuk Aksen Rumah Etnik Berkelas"

Berlangganan via Email