Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Masuk dalam Manajemen Konstruksi, Inilah 4 Profesi Lain dari Arsitek


Seorang arsitektur tidak hanya sebatas memiliki skin menggambar bangunan saja. Lebih dari itu. Dia juga harus memiliki kemampuan teknik matematika. Karena seorang arsitek akan menyelesaikan berbagai bidang pekerjaan terkait konstruksi. Termasuk juga berhubungan langsung dengan klien.

Profesi Lain sebagai Arsitek

Selain masuk dalam manajemen konstruksi, ada bidang pekerjaan lain yang bisa dimasuki oleh seorang sarjana arsitektur, antara lain:

  1. Profesor Arsitek

Jika ingin mengabdi di bidang ilmu pengetahuan, tidak ada salahnya mengambil profesi sebagai profesor arsitek. Tapi untuk mencapai tingkatan profesor ini tidak hanya diperlukan jenjang pendidikan hingga doktor. Tapi juga pengalaman dan jam terbang yang tinggi sebagai seorang profesional.

Tidak masalah menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa sampai tahap ini. Carilah terlebih dahulu pengalaman menjadi seorang arsitek. Karena kelak ketika telah menjadi profesor arsitek, diharuskan menulis jurnal ilmiah yang datanya diambil dari kasus di lapangan.

  1. Sejarawan Arsitek

Sejarawan Arsitek diperlukan dalam hal konservasi seni dan bangunan kuno. Mereka biasanya akan diminta untuk memugar bangunan situs sejarah tanpa menghilangkan nilai sejarahnya.

Yang biasa mempekerjakan sejarawan arsitek adalah pemerintah, organisasi masyarakat ataupun universitas yang ingin menyelamatkan situs sejarah. Selain mengerti bagaimana memugar sebuah bangunan sejarah, arsitek sejarawan juga harus memahami tentang sejarah bangunan yang akan dipugarnya.

  1. Perencana Kota

Siapa bilang seorang arsitek tidak bisa menjadi perencana kota? Justru untuk bisa mendapat tata letak kota yang efektif dan efisien, peran seorang arsitek sangat diperlukan.

Arsitek bisa merencanakan bagaimana cara meningkatkan pertumbuhan lingkungan dan meningkatkan ruang pada infratuktur publik, serta merencanakan tanah yang akan digunakan untuk pemukiman masyarakat.

  1. Arsitek Angkatan Laut

Yaitu sebuah profesi di bidang arsitek yang bekerja untuk membangun sebuah konstruksi kapal angkatan laut. Biasanya yang mempekerjakan arsitek angkatan laut adalah pemerintah atau pihak swasta yang membutuhkan.

Biasanya pekerjaan arsitek angkatan laut hanya diisi oleh karyawan magang. Sebelum mereka mendapat pekerjaan sebagai seorang arsitek di konstruksi bangunan.

Ternyata selain masuk dalam manajemen konstruksi, masih ada bidang pekerjaan arsitektur lain yang bisa dikerjakan. Bagaimana? Tertarik?

Posting Komentar untuk "Selain Masuk dalam Manajemen Konstruksi, Inilah 4 Profesi Lain dari Arsitek"