Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pernah Mendengar Profesi Arsitektur Landskap? Berikut Penjelasan Singkatnya

 


Ketika masuk jurusan arsitektur, yang banyak dipikirkan mahasiswa adalah belajar untuk menjadi arsitek yang bisa mendesain gedung. Atau bangunan-bangunan megah lainnya. Tapi pernahkah anda mendengar istilah
arsitektur landskap? Sebuah profesi arsitek yang tidak kalah bergengsi dengan arsitek gedung.

Apa Itu Arsitektur Landskap?

Yang dinamakan dengan arsitektur bidang pekerjaan landskap adalah ilmu dan seni yang digunakan untuk menyusun, merencanakan, mendesain dan menata berbagai elemen buatan maupun alam sehingga tercipta sebuah lingkungan baru yang fungsional sekaligus berestetika.

Ruang lingkup kerja arsitektur bidang landskap tidak hanya sebatas hunian saja. Tapi juga tata lingkungan dan tata kota yang baik, fungsional, harmonis, dan juga memiliki keindahan.

Jadi, ketika anda melihat taman sebuah rumah yang hijau, indah dan selaras dengan bangunan huniannya, itu adalah hasil karya arsitektur bidang ini. Atau misalkan anda sedang berjalan-jalan lalu melihat keindahan hutan kota yang menyatu dengan tata letak kota, itu juga hasil kerja arsitektur bidang ini.

Fungsi Arsitektur Landskap

Lalu apa fungsi dari arsitektur ini? Yaitu memperbaiki dengan cara menata agar kelestarian hidup dan lingkungan bisa terjaga dengan baik.

Bayangkan saja. Ketika anda tinggal di kota dengan tanah hunian yang masih luas. Menghabiskan semua tanah untuk bangunan saja tentulah terlalu berlebihan. Karena sisa tanah itu bisa dijadikan taman dan kolam ikan dengan beraneka ragam hayati. Selain bisa mempercantik lingkungan sekitar hunian, juga akan memberi suplai oksigen maksimal pada rumah.

Inilah peran arsitektur bidang landskap. Mereka akan menyusun bagaimana komposisi tatanan hunian agar semua elemen bisa menyatu dalam harmonisasi yang baik.

Taman akan ditata sedemikian rupa sehingga mampu menyatu dengan rumah hunian. Taman tidak hanya berfungsi untuk mempercantik. Tapi juga bisa digunakan sebagai penyeimbang kehidupan alam dengan maksimal.

Meski arsitek bidang ini masih jarang ditemukan di Indonesia, namun ada beberapa arsitek terkenal yang merambah bidang ini. Selain diperlukan skill yang baik, juga diperlukan kemauan untuk melakukannya.

Bagaimana? Tertarik merambah bidang arsitektur landskap? Akan ada banyak kesempatan pekerjaan. Mengingat banyak perumahan yang akan dibuka dan memerlukan jasa arsitek ini.

Posting Komentar untuk "Pernah Mendengar Profesi Arsitektur Landskap? Berikut Penjelasan Singkatnya"