Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jalan Karier untuk Bisa Menjadi Arsitektur Interior

Sebenarnya antara arsitektur dengan arsitektur interior itu berbeda. Arsitektur bidang interior sebenarnya adalah seorang yang ahli desain interior. Untuk mempermudah penyebutan, banyak yang mengatakan bahwa seorang yang berprofesi sebagai desain interior adalah arsitektur bidang interior.

Dua hal ini berbeda. Bahkan dari jurusan kuliahnya saja berbeda. Jika berminat kuliah di jurusan desain interior, berikut 5 karier yang bisa dicoba setelah lulus.

  1. Bergabung dengan Biro Konsultan Desain Interior

Jika baru saja lulus, tidak ada salahnya bergabung dulu dengan biro konsultan jasa interior. Yaitu biro jasa yang melayani berbagai pekerjaan bidang interior hunian. Seperti menawarkan gambar sketsa, gambar teknik, konsep interior, visualisasi gambar, ragam furnitur, dan lain sebagainya.

Di biro ini para fresh graduate yang belum punya pengalaman akan belajar bagaimana menerapkan ilmu yang mereka peroleh di kampus dalam dunia nyata. Ketika ilmu itu sudah dirasa cukup, bisa membuka biro jasa desain interior sendiri.

  1. Menjadi Freelancer

Tidak mau terikat dengan jam dan aturan kantor yang kaku? Anda bisa mencoba menjadi freelancer. Menawarkan jasa pada mereka yang memerlukan secara freelance. Tidak ada gaji bulanan. Dibayar tiap dari tiap job yang telah dikerjakan.

Untuk bisa mendapat banyak job, diperlukan banyak portofolio dari yang pernah dikerjakan dalam bidang interior. Ketika sudah sukses menjadi freelancer, bisa membuka agency desain interior sendiri.

  1. Bekerja di Perusahaan Kontraktor atau Properti

Bekerja sebagai desain interior tidak harus di biro atau agency. Banyak juga developer atau perusahaan kontraktor yang membutuhkan karyawan untuk menangani desain interior. Jika berminat, cobalah memasukkan aplikasi lamaran ke perusahaan kontraktor atau properti. Akan banyak pengalaman yang bisa didapat dari perusahaan-perusahaan itu.

  1. Menjadi PNS

Siapa bilang bekerja jadi desain interior hanya bisa di perusahaan swasta saja. Banyak juga kementerian yang membutuhkan PNS di bidang desain interior. Seperti kementerian perdagangan, kementerian sekretariat negara, kementerian pekerjaan umum, dan kementerian perindustrian.

Selalu cek lowongan PNS secara berkala. Jangan sampai ketinggalan info lowongan kerja yang banyak diburu orang ini.

Bagaimana? Sudah siap berkarier menjadi arsitektur interior?

Posting Komentar untuk "5 Jalan Karier untuk Bisa Menjadi Arsitektur Interior"