Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Arsitektur Islam Terbaik di Dunia



Islam berkembang sebegitu besarnya di dunia. Mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Termasuk juga pada bidang arsitektur. Arsitektur Islam tidak hanya diterapkan pada bangunan masjid saja. Tapi juga pada bangunan lain seperti hunian, istana raja, tata kota, dan lain sebagainya.

5 Bangunan dengan Gaya Arsitektur Islam Terbaik di Dunia

Ada banyak bangunan dengan desain arsitektur islami yang tersebar di seluruh dunia. Berikut 5 diantaranya yang paling popular.

  1. Istana Alhambra, Spanyol

Istana Alhambra adalah istana yang dibangun pada abad ke-14. Meski sampai sekarang sebagian bangunan telah mengalami banyak pemugaran, namun ada beberapa bagian bangunan yang masih menggunakan arsitek bergaya Islam.

Istana Alhambra ini menjadi bukti bahwa Islam pernah mengalami kejayaan di Spanyol. Terutama abad ke-14. Dimana saat itu pemerintahan masih dikuasai oleh kerajaan Nasrid.

  1. Taj Mahal, India

Siapa yang tidak kenal dengan Taj Mahal. Salah satu keajaiban dunia yang terletak di India ini dibangun dengan menggunakan arsitektur bergaya islami. Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi istri yang sangat dia cintai.

Sisi arsitektur bergaya Islam pada Taj Mahal terlihat pada marmer putih dan hiasan kaligrafi di sebagian besar dindingnya. Arsitektur bergaya Islam yang berpadu dengan gaya Persia dan India. Menghasilkan bangunan terbaik yang masuk dalam situs bersejarah UNESCO.

  1. Istana Montaza, Mesir

Istana Montaza ini berada tepat di tepi Laut Mediterania. Bangunan yang dibangun pada tahun 1932 ini menggunakan perpaduan arsitektur Islam dan etnik Mesir.

Bangunan yang sekarang dibuka sebagai destinasi wisata ini sebenarnya adalah milik Raja Fuad 1. Biasa digunakan sebagai tempat liburan musim panas oleh Raja dan keluarganya. Namun oleh pemerintah Turki yang sekarang, istana ini dibuka untuk umum. Baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

  1. Benteng Agra, India

Benteng Agra ini terletak tidak jauh dari bangunan Taj Mahal di India. Hanya berjarak 2,5 kilometer saja. Benteng ini dibangun oleh Raja Mughal sebagai upaya pertahanan diri dari serangan musuh.

Konsep arsitektur bergaya Islam terlihat pada warna teracotta. Serta ukiran khas Islam yang berwarna putih. Sama seperti Istana Montaza di Mesir. Benteng Agra di India sekarang juga digunakan sebagai destinasi wisata. Baik untuk wisatawan asing maupun wisatawan domestik.

  1. Al Burj, Uni Emirat Arab

Al Burj merupakan bangunan tertinggi sekaligus termegah di dunia. Dibuat dengan desain arsitektur bergaya islami. Bagian luar nampak seperti bentuk perahu yang melengkung. Sedangkan bagian dalamnya seperti desain kerajaan Islam dari berbagai penjuru dunia. Sungguh sebuah pencapaian kebudayaan Islam di zaman modern seperti ini.

Itulah 5 bangunan penting dan bersejarah di dunia yang dibangun dengan arsitektur Islam. Dari kelima bangunan di atas, mana yang pernah anda kunjungi?

Posting Komentar untuk "5 Arsitektur Islam Terbaik di Dunia"