Bingung Teknik Sipil Belajar Apa? Simak Ulasan Singkat Materi Belajarnya!


Sebuah impian besar bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) dapat mengenyam pendidikan tingkat tinggi. Salah satu jurusan kuliah yang populer adalah teknik sipil. Dari segi masa depan, jurusan ini cukup menjanjikan pekerjaan yang cemerlang.

Teknik Sipil Belajar Apa?

Tapi, banyak yang mengira perkuliahannya mirip dengan arsitektur. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Ini yang membuat bingung mahasiswa baru tentang teknik sipil belajar apa. Secara garis besar, berikut ini gambaran mata kuliahnya.

Struktural

Mahasiswa akan mendalami tentang struktur bangunan. Mata kuliah ini membahas bagaimana penggunaan dan respon material terhadap beban. Sehingga bangunan mampu berdiri dengan kuat dan kokoh.

Pembelajaran karakteristik material, seperti baja, beton dan kayu akan didapatkan pula. Sehingga nantinya dapat merancang bangunan yang tahan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi.

Geoteknik

Secara umum, geoteknik mempelajari hal yang berhubungan dengan struktur tanah. Mahasiswa akan mengetahui perbedaan karakteristik tanah dan batuan. Karena tanah merupakan aspek yang dapat mempengaruhi berdirinya bangunan. Sebelum melakukan pembangunan, harus mengecek kondisi lahan. Sehingga dapat mengetahui kemampuan tanah dalam menopang gedung atau rumah di atasnya.

Manajemen Konstruksi

Mata kuliah ini membahas hal yang berkaitan tentang proyek pembangunan. Mahasiswa akan mendapatkan materi ekonomi, pengaturan kerja, pembiayaan, pengembalian modal, hukum dan perizinan pembangunan. Semua permasalahan proyek konstruksi perlu berjalan selaras. Agar proses pembuatan gedung dapat selesai tepat waktu tanpa meninggalkan masalah lain.

Hidrologi/Rekayasa Pengairan

Bagi yang belum tahu, pasti masih menebak-nebak teknik sipil belajar apa. Selain bangunan di atas tanah, jurusan ini juga mempelajari hidrologi. Karena insinyur sipil akan berhadapan dengan bangunan yang berhubungan dengan air, seperti bendungan, pelabuhan dan kanal. Sehingga sangat penting untuk mempelajari karakteristik air.

Transportasi

Melalui ilmu ini, mahasiswa akan merencanakan dan melaksanakan sistem transportasi. Pelajaran ini membahas tentang konstruksi jalan raya, rel kereta api, rekayasa lalu lintas, jalan tol dan landasan pesawat. Tak ketinggalan juga berlatih dalam keterampilan manajemen parkir dan lalu lintas.

Informatika Teknik Sipil

Penerapan teknologi informatika khusus untuk memenuhi pembelajaran yang berkaitan tentang teknik sipil. Mata kuliah ini terbilang baru pada jurusan ini. Mahasiswa akan mendapatkan materi informatika untuk perhitungan dan permodelan proyek. Sehingga penggunaan komputer dapat mempermudah pengerjaan desain.

Bagaimana? Masih bingung teknik sipil belajar apa? Jika berminat melanjutkan kuliah, maka perlu meninjau ulang pada masing-masing universitas. Secara garis besar, cabang ilmu yang memiliki masa depan cerah ini tersedia di universitas ternama di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Bingung Teknik Sipil Belajar Apa? Simak Ulasan Singkat Materi Belajarnya!"