Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Utama Arsitektur Rumah Minimalis


Yang dinamakan dengan arsitektur rumah minimalis adalah gaya arsitektur yang sederhana, tidak terlalu banyak ornamen, tapi tetap fungsionalis. Tidak semua gaya arsitektur modern di sebuah minimalis. Berikut beberapa ciri utama bangunan rumah hunian minimalis.

  1. Berbentuk Geometris Tanpa Adanya Dekorasi

Ciri utama hunian minimalis adalah bentuk geometris seperti persegi atau persegi panjang. Atapnya juga datar. Bukan segitiga seperti kebanyakan hunian rumah tropis. Pada bagian fasad dibiarkan polos tanpa banyak ornamen seperti gaya rumah tradisional.

Pada bagian pintu dan jendela juga tidak dibuat dengan detail yang terlalu rumit. Tapi bingkainya mampu membingkai jendela dan pintu dengan sebaik mungkin. Karena lebih menekankan fungsi daripada rumitnya ornamen.

  1. Lebih Fokus pada Fungsi dan Terbuka

Rumah minimalis lebih menekankan pada fungsi. Beberapa ruangan dibiarkan terbuka tanpa sekat. Ini untuk memberikan kesan luas. Terutama pada rumah dengan tanah yang terbatas.

Misalnya antara ruang tamu, ruang keluarga dan dapur dibuat terbuka. Jikalaupun ada sekat, bukan sekat permanen. Hanya sekat tidak permanen atau partisi yang bisa difungsikan sebagai perabot. Misalkan rak buku yang menjadi penyekat antara ruang tamu dengan ruang keluarga.

Perabot yang digunakan juga sederhana. Satu gambaran saja. Pada ruang tamu hanya ada sofa dan meja. Ruangan dibiarkan lega dengan tidak banyak menggunakan perabot yang besar.

  1. Penggunaan Material Sederhana, tapi Maksimal

Material rumah minimalis juga sangat sederhana. Lantai hanya menggunakan keramik. Dinding juga hanya menggunakan aci dan batu bata yang ditata apik agar terlihat lebih natural.

Penggunaan baja, beton dan kaca digunakan sebagai tambahan untuk memperkuat dan memberikan fungsi maksimal. Semua material sangat sederhana tanpa banyak detail penggunaan material yang rumit didapat.

  1. Penggunaan Warna Monokrom

Selain tidak banyak menggunakan detail yang rumit, rumah minimalis juga tidak menggunakan banyak warna. Warna-warna yang digunakan didominasi oleh waran monokrom. Seperti putih, hitam, dan abu-abu.

Warna ini tidak hanya untuk dinding dan lantai saja. Tapi juga warna-warna perabotan yang ada di dalamnya.

Itulah 4 ciri utama rumah arsitektur minimalis. Tertarik memilikinya?

Posting Komentar untuk "4 Ciri Utama Arsitektur Rumah Minimalis"