Urutan Perencanaan Struktur Bangunan Gedung


Sebelum membangun gedung maka orang-orang harus membuat struktur bangunannya terlebih dahulu. Adanya struktur ini bertujuan agar bangunan gedung bisa berdiri dengan kokoh. Jadinya bangunan tersebut tidak akan membahayakan manusia yang sedang beraktivitas dalam gedung. Karena itulah pahamilah urutan dari pembuatan perencanaan struktur bangunan gedung. Berikut merupakan urutan perencanaan struktur bangunan gedung. 

Perencanaan Struktur Bangunan Gedung

Membuat Pondasi

Setiap bangunan pasti memiliki pondasi. Pondasi sendiri merupakan bagian dari struktur terbawah yang akan bersentuhan langsung dengan tanah. Untuk membuat pondasi maka harus menggali tanahnya terlebih dahulu. Saat membuat pondasi maka ada beberapa cara penggalian yang bisa orang-orang gunakan. Seperti contohnya teknologi penggali cakar ayam. 

Membuat Sloof

Saat membuat struktur bangunan maka perencanaan struktur bangunan gedung harus urut dan sesuai dengan instruksi. Jika sudah membuat struktur pondasi maka harus membuat sloof. Sloof memiliki peletakan yang horizontal. Adanya sloof ialah untuk memperkuat pondasi bersama dengan kolom lainnya.

Membangun Basement

Jika membangun gedung maka harus membangun basement. Basement sendiri juga bisa orang-orang sebut sebagai terowongan. Dalam hal ini, basement masuk ke dalam perencanaan struktur bangunan gedung paling awal setelah sloof. Biasanya basement terletak pada bagian bawah bangunan. Sehingga pembuatan basement harus memperhatikan kadar air yang ada pada tanah.

Pembuatan Kolom

Gedung menjadi bangunan besar yang memiliki struktur cukup rumit. Jika sudah memasang pondasi maka jangan lupa memasang kolom. Kolom merupakan bagian dari struktur bangunan yang berbentuk tiang tekan vertikal untuk memikul beban bagian atap dan kerangkanya. Dalam hal ini, kolom terbuat dari perpaduan besi dan beton. 

Pembuatan Balok

Balok merupakan bagian dari struktur hotel yang memiliki fungsi hampir sama seperti sloof. Hanya saja, bagian struktur yang satu ini terletak pada ujung kolom. Maka dari itulah, balok memiliki fungsi sebagai penghuni antara struktur pada rangka bangunan tengah serta atas. Tidak hanya itu, balok juga mengikat kolom serta dudukan yang ada pada rangka atap hingga plafon.

Sebelum membangun gedung maka orang-orang harus membuat perencanaan struktur bangunan gedung. Itulah urutan struktur yang harus orang-orang buat dalam perencanaan. 


Posting Komentar untuk "Urutan Perencanaan Struktur Bangunan Gedung"