Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menciptakan Hunian Sehat Untuk Seluruh Anggota Keluarga


Desain Rumah Sehat
Memiliki hunian sehat sudah menjadi prioritas dalam keluarga. Hunian yang sehat tak hanya nampak indah, tapi juga dapat membuat seluruh anggota keluarga merasa nyaman. Anak-anak akan betah bermain di dalam rumah, begitu pula orang tua dapat isitrahat dengan tenang karena rumah yang terjaga kebersihannya. Lalu, bagaimana caranya menciptakan rumah yang sehat? Berikut penjelasan dari Konstruksiana !


Memiliki Pencahayaan Yang Cukup

Baik rumah berukuran besar maupun kecil membutuhkan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan tidak hanya berasal dari lampu di dalam rumah, tapi juga dari luar. Pencahayaan berpengaruh terhadap aktfitas seluruh penghuni rumah. Cahaya alami yang didapatkan dari sinar ultraviolet sangat bermanfaat untuk membunuh kuman dan bakteri. Selain itu, juga dapat mengurangi kelembapan. Sorot lampu yang baik dapat membantu melakukan aktifitas dengan lancar saat malam hari.

Inilah Kriteria Rumah Sehat ( Sumber : www.treehugger.com)

Terdapat Sirkulasi Udara Yang Memadai

Hunian yang belum memiliki sistem udara belum bisa dikatakan sebagai rumah sehat. Sebuah hunian yang sehat membutuhkan sistem sirkulasi udara untuk melancarkan aliran udara yang masuk dan keluar rumah. Ventilasi udara yang dibuat terbuka atau dengan celah cukup lebar dapat membebaskan udara kotor di dalam rumah. Dengan begitu, udara di dalam rumah akan terasa sejuk. Meskipun bisa menggunakan AC, tapi udara paling baik berasal dari alam. (Baca juga : Tips Mewujudkan Rumah Hemat Energi)

Sistem Air Bersih Untuk Keperluan Sehari-Hari

Air bersih menjadi elemen penting dalam kehidupan rumah tangga. Kegunaan air bersih dalam kebutuhan rumah tangga meliputi, mencuci, memasak, mandi dan yang lain. Tersedianya air bersih di dalam rumah juga dibantu dengan sistem saluran air yang baik. Ini untuk mencegah kebocoran serta penghematan. Air yang berasal dari ledeng biasanya, mengandung klorin. Di beberapa daerah bahkan air sumur atau tanah masih mengandung kotoran. Tak salah jika menambahkan filter untuk menghilangkan kotoran yang terbawa oleh aliran air.

Pengaturan Pembuangan Limbah

Limbah bukan hanya masalah besar bagi ekosistem di bum, tapi juga dapat mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Setiap hari rumah mengeluarkan limbah rumah tangga. Tentu saja hal ini perlu diperhatikan untuk menciptakan hunian yang sehat. Pengaturan sampah yang kurang tepat dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri.

Menghindari Terlalu Banyak Penggunaan Zat Kimia Pada Material

Dalam penggunaan material harus diterapkan secara bijaksana karena dapat mempengaruhi kesehatan para penghuni rumah. Material kokoh memang sangat diperlukan, tapi lebih baik lagi terhindar dari tambahan zat kimia. Pemakaian zat kimia secara berlebihan pada material sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, sebelum membangun rumah sehat ada baiknya mengenal bahan bangunan yang akan digunakan.

Rumah yang sehat tidak hanya terlihat dari desain yang indah, tapi juga perilaku penghuninya. Sikap yang baik dari penghuni rumah dalam merawat dan membersihkan rumah dapat menciptakan hunian berkualitas. Merawat rumah tentu sudah menjadi tugas setiap anggota keluarga, bukan?

Sumber Image : granddesignsmagazine.com

Posting Komentar untuk "Menciptakan Hunian Sehat Untuk Seluruh Anggota Keluarga"

Berlangganan via Email