Hal yang harus Mendapat Perhatian pada Struktur Bangunan 2 Lantai


Sampai sekarang, rumah dengan dua lantai menjadi pilihan sempurna untuk keluarga yang memerlukan ruangan tambahan tanpa harus memperluas tanahnya. Meski begitu, sangat penting untuk memperhatikan struktur rumahnya terlebih dahulu. Banyak hal yang harus orang-orang perhatikan dalam struktur rumah ini. Berikut merupakan hal yang harus diperhatikan pada struktur bangunan 2 lantai antara lain:

Macam-macam Hal yang harus Diperhatikan pada Struktur Bangunan 2 Lantai 

Sebelum memulai pembangunan maka harus melakukan pertimbangan dahulu. Mulai dari pertimbangan bahan-bahan, jasa konstruksi dan dana. Untuk itulah semua kebutuhan tersebut harus terperinci lebih dulu. Berikut merupakan hal yang harus orang perhatian dalam struktur bangunan untuk 2 lantai:

Balok dan Kolom

Pada dasarnya, balok dan kolom menjadi material paling penting dalam bangunan 2 lantai. Dalam hal ini, ukuran balok serta kolom harus persis seperti dengan jumlah beban yang dua material itu tanggung. Perkiraan ukir balok tersebut berkisar antara 10 x 15 cm. Sementara kolomnya mencapai 20 x 20 cm.

Pondasi

Ketika membuat suatu bangunan maka pondasi menjadi hal penting yang harus mendapatkan perhatian khusus. Bagi struktur bangunan 2 lantai, pondasi yang terpakai adalah pondasi dari batu kali. Pondasi ini cenderung memiliki kedalaman yang bisa mencapai 1,5 sampai 2 meter. 

Dak dan Lantai

Pada zaman sekarang sudah banyak orang yang menggunakan bangunan lantai dua. Dalam kasus ini, dak lantai yang Anda gunakan harus memiliki tebal 12 cm serta mendapatkan cor beton.

Dinding 

Bagian ini menjadi material pembangunan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas bangunan. Dinding yang ada pada bangunan lantai dua bisa menggunakan batako. Sementara untuk ketebalan dinding ini bisa mencapai 12 cm hingga 15 cm.

Atap

Setiap rumah pasti membutuhkan atap untuk berteduh. Atap berfungsi untuk melindungi isi rumah dari cuaca hujan dan panas. Atap yang orang-orang gunakan saat membangun rumah berlantai dua adalah atap beton, keramik dan masih banyak lagi. 

Saat ini orang-orang lebih suka tinggal pada rumah berlantai dua. Untuk bisa mendapatkan tempat huni yang nyaman maka pahamilah struktur bangunan 2 lantai dan cobalah untuk menerapkannya.

Image by brgfx on Freepik

Posting Komentar untuk "Hal yang harus Mendapat Perhatian pada Struktur Bangunan 2 Lantai"