Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsional dan Inovatif, Inilah 5 Hasil Karya Arsitek Andra Matin

 


Andra Matin adalah salah satu arsitek kenamaan Indonesia. Karyanya tidak hanya terlihat estetik. Namun juga turut memaksimalkan semua fungsi ruang yang ada. Inovatif dengan memanfaatkan berbagai material alam seperti kayu dan beton. Wajar jika pada tahun 2019 Andra Matin mendapat penghargaan dari Aga Khan Award.

Berikut beberapa karya fenomenal arsitek Andra Matin. Mulai dari tempat olahraga, kafe, hingga hunian terbaik.

1.      Samanea Hill

Samanea Hill merupakan salah satu hunian di wilayah Parung Panjang Bogor. Meski terletak di kawasan Bogor, namun banyak yang tertarik dengan Samanea Hill ini. Alasannya beragam. Mulai akses yang mudah hingga fitur rumah yang memanjakan pemiliknya. Dan inilah karya Andra Matin yang cukup digemari.

Lokasi Samanea Hill tidak jauh dari stasiun Parung Panjang. Bagi mereka yang bekerja di Jakarta dan menginginkan mendapatkan hunia yang layak dan jauh dari hiruk pikuk ibu kota, Samanea Hill adalah jawabannya. Di sini anda bisa memperoleh hunian yang nyaman dan harga yang terjangkau, namun penuh dengan fasilitas terbaik.

Salah satu fasilitas yang disematkan Andra Matin pada Samanea Hill adalah taman di dalam rumah. Pemilik bisa bercocok tanam di dalam rumah dengan mudah. Sehingga rumah memiliki suplai oksigen yang baik karena banyak tanaman hijau yang ada di dalamnya.

2.      Potato Head Beach Club Bali

Selain hunian Samanea Hill, mahakarya Andra Matin lainnya adalah Potato Head Beach Club Bali. Bangunan ini terletak di pesisir Pantai Petitenget. Keunikan dari Potato Head Beach Club Bali ini adalah adanya 6.600 jendela antik yang mengelilingi bangunan ini.

Andra Matin menggunakan jendela krepyak bekas pada bagian depan. Ini akan memberi kesan yang unik dan menarik. Selain itu, Andra juga menerapkan sistem open plan. Sistem open plan ini agar ada pencahayaan alami yang bisa masuk ke dalam ruangan. Selain itu, pengunjung dari luar juga bisa melihat bagian dalam bangunan dengan mudah.

3.      GBK Aquatic Center, Jakarta

GBK Aquatic Center merupakan stadion renang yang juga sekaligus dijadikan jagat budaya. Bangunan ini sempat direnovasi. Dan Andra Matin ditunjuk sebagai arsiteknya. Karena kebetulan juga Andra Matin termasuk anggota Ikatan Arsitek Indonesia.

Pengelola menginginkan agar pemugaran atau renovasi GBK Aquatic Center tidak melanggar kaidah pelestarian cagar budaya. Dari dasar inilah Andra membuat atap gelombang dengan bentuk yang panjang.

Bentuk atap ini dimaksudkan agar mampu menjaga air kolam renang di dalamnya tetap pada suhu yang sudah ditentukan. Karena GBK Aquatic Center sendiri terdiri dari training pool, diving pool, kolam renang utama dan berbagai area kering.

4.      Masjid Agung Ancol

Karya cerdas Andra Matin juga tercetus pada arsitektur Masjid Agung Ancol yang ada di Pademangan Jakarta Utara. Tak hanya sebatas bangunan tempat ibadah saja. Andra Matin mendesain Masjid Agung Ancol ini penuh dengan filosofi umat Islam.

Masjid ini berbentuk segi lima yang melambangkan jumlah rukun Islam. Selain itu, tinggi masjid hingga mencapai 25 meter melambangkan jumlah nabi dan Rasul yang diceritakan dalam Alquran sebanyak 25.

Andra Matin mendesain sedemikian rupa bangunan yang cukup penting ini bukannya tanpa sebab. Agar masyarakat terutama umat muslim memahami bahwa masjid selalu memiliki makna filosofi yang terkandung pada bangunannya.

Bagaimana? Tertarik dengan 4 mahakarya Andra Matin diatas? Lalu mana yang menurut anda paling menarik?

Posting Komentar untuk "Fungsional dan Inovatif, Inilah 5 Hasil Karya Arsitek Andra Matin"