Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Software Building Information Modelling Paling Recommended Tahun 2021


Bicara masalah building information modelling tidak akan pernah luput dari yang namanya software. Karena software inilah yang nantinya akan mengakomodasi integrasi dari berbagai disiplin ilmu. Agar bisa menghasilkan karya visualisasi 3D konstruksi secara keseluruhan.

Software BIM Paling Direkomendasikan

Sebenarnya ada 20 lebih software BIM yang digunakan di dunia. Namun di sini kita hanya akan membahas 4 software yang paling direkomendasikan.

  1. Revit

Revit merupakan software BIM yang dikelola dan dikembangkan autodesk. Di kalangan para pelaku konstruksi, revit ini sangat populer. Karena keberadaannya mampu memecahkan berbagai masalah pada desain dan teknik-tekniknya.

Kelebihan dari revit adalah memberikan berbagai solusi cerdas pada tiap tahapan konstruksi. Selain itu, software ini juga mampu melacak seluruh proses konstruksi. Mulai dari perencanaan, pembangunan, hingga pemeliharaan.

  1. Naviswork

Sama seperti revit yang dikembangkan oleh autodesk. Bedanya, naviswork lebih menitikberatkan pada solusi untuk meninjau proyek. Terutama untuk arsitektur, konstruksi dan teknik.

Titik fokus naviswork terdapat pada pra-konstruksi dan memprediksi bagaimana hasil proyek sejak dari awal. Banyak fitur yang disediakan oleh naviswork. Seperti agregasi data pada satu model, animasi dan simulasi produksi.

  1. Tekla BIMsight

Jika mencari teknologi canggih dari BIM dengan rekayasa struktural, cobalah menggunakan Tekla BIMsight. Software ini mampu menggabungkan berbagai model, meminimalkan bentrokan antara disiplin ilmu, dan menyelesaikan atau memperbaiki masalah yang ada di lapangan.

Banyak fitur yang dihadirkan pada software ini. Seperti tampilan berbagai model, transparansi objek, dukungan IFC, Mark up, dan navigasi 3D.

  1. BEXEL Manager

Seperti namanya, BEXEL Manager dikembangkan oleh BEXEL consulting. Sebuah solusi yang cukup canggih untuk spesialisasi berbagai pengelolaan aktifitas pada proyek. 

Ada banyak fitur yang ada pada software ini. Seperti pelacakan kemajuan, manajemen perubahan, analisis biaya, pengoptimalan jadwal, penganggaran dan lain sebagainya. Semua ini bisa digunakan untuk mempermudah segala pekerjaan di bidang konstruksi dengan segala pernak-perniknya.

Itulah 4 software Building Information Modelling yang paling populer digunakan di dunia. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam pekerjaan konstruksi.


Posting Komentar untuk "4 Software Building Information Modelling Paling Recommended Tahun 2021"